Nabi Muhammad saw berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan
Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim.
Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani
Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy.
Setelah menikah, Abdullah
melakukan pepergian ke Syam. Ketika pulang dari pepergian itu, ia wafat
di Madinah dan dikuburkan di kota itu juga.
Setelah beberapa
bulan dari wafatnya sang ayah berlalu, Nabi pamungkas para nabi lahir di
bulan Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah, dan dengan kelahirannya
itu, dunia menjadi terang-benderang. Sesuai dengan kebiasaan para
bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan Muhammad kecil kepada Halimah
Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui. Beliau tinggal di rumah
Halimah selama empat tahun. Setelah itu, sang ibu mengambilnya kembali.
Dengan
tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang ibunda
membawanya pergi ke Madinah. Dalam perjalanan pulang ke Makkah,
ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak
antara Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara
bergantian, kakek dan paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib
memelihara beliau. Pada usia dua puluh lima tahun, beliau menikah dengan
Khadijah yang waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Beliau
menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima tahun hingga ia wafat
pada usia enam puluh lima tahun.
Pada usia empat puluh tahun,
beliau diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia mewahyukan kepada beliau
al-Quran yang seluruh manusia dan jin tidak mampu untuk menandinginya.
Ia menamakan beliau sebagai pamungkas para nabi dan memujinya karena
kemuliaan akhlaknya.
Beliau hidup di dunia ini selama enam puluh
tiga tahun. Menurut pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan
Shafar 11 Hijriah di Madinah.
Bukti Kenabian Rasulullah saw
Secara global, kenabian seorang nabi dapat diketahui melalui tiga jalan:
1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.
Pengakuan Sebagai Nabi
Telah
diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku sebagai
nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik, penyembahan
berhala dan api telah menguasai seluruh dunia. Hingga akhir usia, beliau
selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan sangat
banyak sekali di antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu.
Kelayakan Menjadi Nabi
Maksud
asumsi di atas adalah seorang yang mengaku menjadi nabi harus memiliki
akhlak dan seluruh etika yang terpuji, dari sisi kesempurnaan jiwa harus
orang yang paling utama, tinggi dan sempurna, dan terbebaskan dari
segala karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah dimiliki oleh
Rasulullah saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya,
memberitakan sifat-sifat sempurna dan kelakuan terpujinya dan
membebaskannya dari setiap karakterisitik yang buruk.
Kesimpulannya,
akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang terpuji, perubahan dan
revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia, khususnya di Hijaz
dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia berkenaan dengan
tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta nasihat-nasihat
beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi
kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.
Mukjizat
Mukjizat dapat disimpulkan dalam lima hal:
1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.
Mukjizat Akhlak
Sejak
masa muda, Nabi Muhammad saw telah dikenal dengan kejujuran, amanat,
kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan. Dalam kesabaran dan kerendahan
diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam kemanisan etika beliau tak
tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak akhlak yang agung.”
Dalam memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan gangguan dan
cemoohan masyarakatnya, beliau hanya berkataاَللّهُمَّ اغْفِرْ
لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah kaumku,
karena mereka tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan kebaikan
seluruh umat manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia
belas-kasih dan pengasih terhadap Mukminin.”
Beliau tidak pernah
menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para sahabat dan selalu mencari
berita tentang kondisi mereka. Beliau selalu memberikan tempat khusus
kepada orang-orang baik di sisi beliau. Orang yang paling utama di sisi
beliau adalah orang yang dikenal dengan kebajikanya terhadap Muslimin
dan orang yang termulia adalah orang yang lebih bertindak toleran dan
tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah duduk dan bangun
(dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan mayoritasnya,
beliau duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah menentukan
tempat duduk khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat
sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirinya adalah orang termulia di
sisi beliau. Beliau tidak banyak berbiacara dan tidak pernah memotong
pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara kebatilan. Beliau tidak
pernah mencela dan mencerca seseorang. Beliau tidak pernah mencari-cari
kesalahan orang lain. Budi pelerti beliau yang menyeluruh telah meliputi
seluruh umat manusia. Beliau selalu sabar menghadapi perangai buruk
bangsa Arab dan orang-orang yang asing bagi beliau. Beliau selalu duduk
di atas tanah dan duduk bersama orang-orang miskin serta makan bersama
mereka. Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak pernah melebihi rakyat
biasa. Setiap berjumpa dengan seseorang, beliau selalu memulai
mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya. Beliau tidak pernah
mengizinkan siapa pun berdiri (untuk menghormati)nya. Beliau selalu
menghormati orang-orang berilmu dan berakhlak mulia. Dibandingkan dengan
yang lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani dan pengasih.
Beliau selalu menghormati orang-orang tua, menyayangi anak-anak kecil
dan membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak
pernah makan sendirian. Ketika beliau meninggal dunia, beliau tidak
meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.
Keberanian beliau
sangat terkenal sehingga Imam Ali as pernah berkata: “Ketika perang
mulai memanas, kami berlindung kepada beliau.”
Rasa memaafkan
beliau sangat besar. Ketika berhasil membebaskan Makkah, beliau memegang
pintu Ka’bah seraya bersabda (kepada musyrikin Makkah): “Apa yang
kalian katakan dan sangka sekarang?” Mereka menjawab: “Kami mengatakan
dan menyangka kebaikan (terhadapmu). Engkau adalah seorang pemurah dan
putra seorang pemurah. Engkau telah berhasil berkuasa terhadap kami.
Engkau pasti mampu melakukan apa yang kau inginkan.” Mendengar pengakuan
mereka ini, hati beliau tersentuh dan menangis. Ketika penduduk Makkah
melihat kejadian itu, mereka pun turut menangis. Setelah itu beliau
bersabda: “Aku mengatakan seperti apa yang pernah dikatakan oleh
saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian pada hari ini. Allah
akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih Pengasih dari para
pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh kriminalitas dan
kejahatan yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan sabda beliau
yang spektakuler: “Pergilah! Kalian bebas.”
Mukjizat Ilmiah
Dengan
merujuk kepada buku-buku yang memuat sabda, pidato dan nasihat-nasihat
beliau secara panjang lebar, mukjizat ilmiah beliau ini dapat dipahami
dengan jelas.
Mukjizat Amaliah
Dapat diakui bahwa seluruh
perilaku beliau dari sejak lahir hingga wafat adalah sebuah mukjizat.
Dengan sedikit merenungkan kondisi dan karakteristik masyarakat Hijaz,
khususnya masyarakat kala itu, kemukjizatan seluruh perilaku beliau akan
jelas bagi kita. Beliau bak sebuah bunga yang tumbuh di ladang duri.
Beliau tidak hanya tidak terpengaruh oleh karakteristik duri-duri itu,
bahkan beliau berhasil merubahnya. Beliau tidak hanya terpengaruh oleh
kondisi kehidupan masyarakat kala itu, bahkan beliau berhasil
mempengaruhi gaya hidup mereka.
Dalam kurun waktu dua puluh tiga
tahun, beliau telah berhasil melakukan empat pekerjaan besar dan
fundamental meskipun banyak aral melintang dan problema yang melilit.
Masing-masing pekerjaan itu dalam kondisi normal semestinya memerlukan
usaha bertahun-tahun untuk dapat tegak berdiri sepanjang masa. Keempat
pekerjaan besar itu adalah sebagai berikut:
Pertama, berbeda
dengan agama-agama yang sedang berlaku pada masa beliau, beliau
mendirikan sebuah agama baru yang bersifat Ilahi. Beliau telah berhasil
menciptakan banyak orang beriman kepada agama tersebut sehingga sampai
sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih kuat tertanam di dalam
lubuk hati ratusan juta pengikutnya. Menjadikan seseorang taat adalah
sebuah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, menundukkan hati masyarakat,
itu pun sebuah masyarakat fanatis dan bodoh tanpa syarat dan menjadikan
mereka taat dari lubuk hati bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.
Kedua,
dari kabilah-kabilah berpecah-belah yang selalu saling bermusuhan dan
memiliki hobi berperang, beliau berhasil sebuah umat yang satu dan
menjalin persaudaraan, persamaan, kebebasan dan kesatun kalimat dalam
arti yang sebenarnya di antara mereka. Setelah beberapa tahun berlalu,
beliau berhasil membentuk sebuah umat yang bernama umat Muhammad saw.
Hingga sekarang umat ini masih eksis dan terus bertambah.
Ketiga,
di tengah-tengah kabilah yang berpecah-belah, masing-masing memiliki
seorang pemimpin, biasa melakukan pekerjaan secara tersendiri dan tidak
pernah memiliki sebuah pemerintahan yang terpusat itu, beliau berhasil
membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan kepada kebebasan dan
kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan kemampuan,
pemerintahan ini pernah menjadi satu-satunya pemerintahan mutlak di
dunia setelah satu abad berlalu.
Beliau pernah menulis enam surat
dalam satu hari kepada para raja penguasa masa itu dan mengajak mereka
untuk memeluk Islam, raja-raja yang menganggap diri mereka berada di
puncak kekuatan dan meremehkan kaum Arab.
Ketika surat beliau
sampai ke tangan raja Iran dan melihat nama beliau disebutkan di atas
namanya, ia marah seraya memerintahkan para suruhannya untuk pergi ke
Madinah dan membawa Muhammad ke hadapannya.
Ya! Para raja itu
berpikir bahwa bangsa Arab adalah sebuah bangsa yang tidak akan
menunjukkan reaksi apa pun di hadapan pasukan kecil seperti bala tentara
Habasyah. Bahkan, mereka akan lari tunggang-langgang meninggalkan
Makkah dan kehidupan mereka, serta berlindung ke gunung-gunung. Mereka
tidak dapat memahami bahwa bangsa Arab telah memiliki seorang pemimpin
Ilahi dan mereka bukanlah bangsa Arab yang dulu lagi.
Keempat,
dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun, beliau telah menetapkan dan
menunjukkan sederetan undang-undang yang mencakup seluruh kebutuhan umat
manusia. Undang-undang ini akan tetap kekal hingga hari Kiamat, dan
mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan umat manusia.
Undang-undang ini tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad adalah
halal selamanya hingga hari Kiamat dan keharamannya adalah haram
selamanya hingga hari Kiamat.”[1] Undang-undang ini akan selamanya hidup
kekal. Di hauzah-hauzah ilmiah selalu dibahas dan didiskusikan oleh
para fuqaha besar dalam sebuah obyek pembahasan fiqih, Furu’uddin dan
kewajiban amaliah.
Mukjizat Ma’nawiyah
Mukjizat abadi beliau
adalah al-Quran yang telah turun kepada beliau dalam kurun waktu dua
puluh tiga tahun, dan dari sejak saat itu hingga sekarang selalu
mendapatkan perhatian dan penelaahan dari berbagai segi oleh seluruh
masyarakat dunia. Kitab ini berhasil membangkitkan rasa heran para
ilmuan dan sepanjang masa masih memiliki kekokohan dan kedudukannya yang
mulia. Kitab ini terselamatkan dari segala bentuk tahrif, pengurangan
dan penambahan. Ratusan tafsir dan buku tentang hakikat arti dan kosa
katanya telah ditulis. Allah telah menjamin keterjagaannya dalam
firman-Nya:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
“Kami-lah yang telah menurunkan al-Quran ini dan Kami pulalah yang akan menjaganya.”[2]
Mukjizat Keturunan
Salah
satu mukjizat beliau yang lain adalah keturunan suci beliau yang
terjaga dari dosa. Hanya kedudukan tinggi kenabianlah yang mampu
menghaturkan putri-putri dan para imam ma’shum seperti ini kepada
masyarakat. Seseorang yang sadar dengan memperhatikan ilmu, kehidupan,
ucapan dan perilaku Ahlubait as akan mengakui bahwa setiap dari mereka,
sebagaimana al-Quran, adalah dalil tersendiri atas kenabian Rasulullah
saw. Seandainya tidak ada dalil lain untuk membuktikan kenabian
Rasulullah saw kecuali keberadaan keturunan semacam itu, hal itu sudah
mencukupi dan hujjah sudah sempurna. Pembahasan panjang-lebar tentang
masalah ini tidak relevan untuk kesempatan pendek ini.
KARAKTER DAN KEUTAMAAN RASULLULLAH SAW
Salah
satu karekter rasulullah saw yang paling menonjol adalah kemenangan
tidak menjaga kan dia bangga hal ini bisa kita lihat diperang badar dan
pembebasan kita makkah(fathu makkah) dan kekalahan tidak membuat dia
putus asa dapat kita lihat pristiwa perang uhud bahkan dengan cekatan is
mempersiapkan pasukan baru untuk menghadapi hamru"ul asad dan
pengingkari perjanjian yang dilakukan kaum yahudi bani quraizah ,dan
kewaspadaan beliau,selalu mengedek kekuatan musuh dengan teliti dan
mempersiapkan segalanya.
Dia memperlakukan kaum dan pengikutnya
dengan tujuan mempererat silaturrahmi dan selalu menamamkan rasa percaya
diri dalam mereka is selalu mengasihi anak anak kecil dan mengayomi
mereka.berbuat baik dengan fakir miskin dan terhadap hewan dia selalu
menanamkan rasa kasih sayang dan melarang untuk menyakiti binatang
Salah
satu contoh rasa prikemanusian rasul saw adalah ketika mengutus pasukan
untuk berperang dengan musuh dia selalu berpesan tidak boleh menyerang
kaum sipil,dia lebih memilih damai terhadap musuh dari pada berperang
ketika berperang dia berpesan tidak boleh membunuh lanjut usia anak
kecil perempuan dan mengniaya musuh yang sudah tidak berdaya
Ketika
kaum quraisi minta suaka politik kepadanya ia tidak memberlakukan baikot
ekonomi bahkan ia menyepakati import gandum dari yaman
Ia juga menyerukan realisasikan sebuah perdamaian dunia dan melarang peperanga kecuali hal yang darurat
D. USAHA RASUL SAW DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT &BERPRIKEMANUSIAN
Kedatangan
rasul adalah sebuah rahmat bagi manusia semuanya is tidak pernah
membedakan seseorang pun baik itu kulit putih atau kulit hitam dan dari
suku bangsa mana,karma semua manusia itu makan dari rizki allah yang
diberikan allah
Rasul saw mengajak manusia untuk
1:meningkatkan harkat martabat manusia ia bersabda semua manusia berasil dari adam dan ia berasal dari tanah
2: mengajak damai sebelum perang
3: memaafkan sebelom membalas
4: mempermudah seseorang sebelom membalas perbuatan
dari
uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa peperangan yang dilaksanakan
bertujuan untuk merealisasikan tujuan tujuan insani yang agung dan
menuju kepada tatanan masyarakat yang berprikemanusian
ia telah
membuktikan bahwa dirinya adalah sebuah rahmat bagi manusia dan alam
semesta peristiwa itu bisa dilihat dari pembebasan kota makkah dangan
segala kemenangan yang telah digapai saat itu ia tetap berbuat baik
dengan musuh dan enggan untuk membalas dendam padahal ia dapat
melaksanakan ia pernah memaafkan mereka dengan sabda"pergilah kalian
karma kalian sekarang sudah bebas pada waktu perang dzatur riqa dia
berasil menangkap pemimpin gauts bin al harits yang berusaha beberapa
kali membunuh beliau akan tetapi tetap dimaafkan
rasul
memperlakukan tawanan perang dengan baik ,ia telah membebaskan seorang
tawanan perang dengan tangan dia sendiri disaat ia mendengar keluhan
rasa sakit tangannya diikat.
RASUL SEBAGAI PANGLIMA PERANG
Kita
bisa lihat keberasilan beliau dalam memenangkan peperangan dan
menciptakan perdamaian dan mengujudkan manusia yang berakhlak dan
memimpin pasukan dengan gagah berani
TATA KRAMA BERGAUL
Beliau
tidak pernah sombong dalam pergaulan selalu tersenyum berbuat baik
sesame manusia selalu menyenguk orang sakit tidak pernah memotong
pembicaraan lawan tidak pernah mengangap dirinya mulia dari teman yang
diajak bicara
Masih banyak lagi sipat2 rasul yang kita bisa dapat teladani.. mudah2an kita bisa dapat meniru akhlak rasulullah amin....
mudah mudahan kita berusaha untuk bisa menjadikan nabi muhammad sebagai huswatun hasanah dalam kehidupan kita amin
Referensi :
www.zainurie.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar